a. Animat
b. Animate
c. Animates
d. Animation
e. Animats
2.
Dalam
bahasa inggris berdasarkan arti harfiah, kata animasi (animate) artinya….
a. Memberi
jiwa, menghidupkan serta menggerakan benda mati
b. Menyembah
benda mati dan berhala
c. Makhluk
hidup dalam golongan hewan
d. Sesuatu
yang mengasyikan
e. Hasil
kreativitas manusia
3.
Proses membuat objek yang asalnya
suatu benda mati secara berurutan dalam posisi yang berbeda seolah-olah hidup
adalah definisi dari ....
a. Animasi
b. Film pendek
c. Film kartun
d. Animasi kartun
e. Animasi
pendek
4.
Yang
BUKAN merupakan peranan storyboard pada animasi adalah…
a. Storyboard
dibuat untuk menjelaskan skenario secara lebih detail dari detik demi detik
b. Storyboard
menjelaskan tentang susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik
beserta suaranya
c. Storyboard
menjelaskan tentang susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik
beserta grafisnya
d. Storyboard
menjelaskan tentang susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik
beserta animasi dan video yang dibutuhkannya
e. Storyboard
menjelaskan tentang susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik
beserta biaya pembuatan dan nama-nama kru yang terlibat
5.
Teknik
animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat
bergerak sendiri, dan biasanya dibuat dari gabungan dari foto-foto, dengan
mayoritas tokoh animasinya dibuat menggunakan lilin/tanah liat adalah animasi….
a. Animasi komputer
b. Animasi stop motion
c. Animasi komputer
d. Animasi 3 dimensi
e. Animasi model
a. Animasi komputer
b. Animasi stop motion
c. Animasi komputer
d. Animasi 3 dimensi
e. Animasi model
6.
Animasi dulunya sangat
sederhana,namun sekarang telah berkembang menjadi beberapa jenis, yaitu....
a. Animasi 2D,animasi 3D,dan animasi 4D
b. Animasi 2D,animasi 3D,dan animasi
klay
c. Animasi 2D,animasi 3D,dan animasi
clay
d. Animasi 2D,animasi 3D,dan animasi
kartun
e. Animasi 2D,animasi 3D,dan animasi
murni
7.
Animasi (2D) ,atau yang biasa
disebut film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata cartoon yang artinya ....
a. Gambar yang lucu
b. Gambar yang dinamis
c. Gambar yang lucu dan dinamis
d. Gambar yang unik
e. Gambar yang unik dan dinamis
8.
Teknologi yang menghasilkan film
animasi yang gambarnya benar-benar hidup dan bernuansa 3 ( tiga ) dimensi tak
sekedar datar adalah definisi dari ....
a. CDI d.
IDG
b. GCI e.
3D
c. CGI
9.
Estetika berasal dari kata Yunani
yakni aesthesis yang artinya ....
a. Perasaan,seleera perasaan atau taste
b. Perasaan berseni
c. Keindahan
d. Keyakinan
e. Berperasaan
10. Pada
tahap pembuatan animasi terdapat 2 ( dua ) tahapan yakni ....
a. Konvensional ,dan Digital
b. Tradisional , dan Modern
c. Konvensional , dan Modern
d. Tradiosional, dan Digital
e. Konvensional,dan Manual
11. Tahapan cara pembuatan animasi
tradional yang benar adalah….
a. Pra produksi > produksi > pasca produksi
b. Pasca produksi > produksi > pra produksi
c. Pra produksi > pasca produksi > produksi
d. Produkasi > pra produksi > pasca produksi
e. Produksi > pasca produksi > pra produksi
a. Pra produksi > produksi > pasca produksi
b. Pasca produksi > produksi > pra produksi
c. Pra produksi > pasca produksi > produksi
d. Produkasi > pra produksi > pasca produksi
e. Produksi > pasca produksi > pra produksi
12. Animasi yang secara keseluruhan
dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur
gerakkan “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta spesial efeknya dsb,
semuanya di kerjakan dengan komputer. Adalah pengertian dari animasi ….
a. Animasi Tradisional
b. Animasi Komputer
c. Animasi Stop-Motion
d. Animasi Tween
e. Animasi Shape
a. Animasi Tradisional
b. Animasi Komputer
c. Animasi Stop-Motion
d. Animasi Tween
e. Animasi Shape
13. Software yang digunakan untuk membuat
animasi 2D adalah ….
a. CorelDraw
b. ACDC
c. Mozilla Firefox
d. Adobe Flash CS
e. Adobe Photoshop
a. CorelDraw
b. ACDC
c. Mozilla Firefox
d. Adobe Flash CS
e. Adobe Photoshop
14. Berikut ini yang BUKAN merupakan
prinsip kerja animasi komputer pada tahap Pra-produksi adalah….
a. Menyusun konsep
b. Menyusun skenario
c. Pembentukan karakter
d. Menyusun storyboard
e. Melakukan rendering
a. Menyusun konsep
b. Menyusun skenario
c. Pembentukan karakter
d. Menyusun storyboard
e. Melakukan rendering
15. Shortcut key untuk test movie
pada flash adalah….
a. Ctrl + Z d. f9
b. Ctrl + J e. Ctrl+Enter
c. F8
a. Ctrl + Z d. f9
b. Ctrl + J e. Ctrl+Enter
c. F8
16. Dalam
satu detik terdapat sejumlah frame gambar, pengertian ini dinamakan…
a. Fps
b. Kbps
c. Swf
d. Bit
e. Byte
17. Dengan Frame rate = 25 fps, Untuk
membuat animasi yang panjangnya 5 detik, maka jumlah frame yang dibutuhkan
adalah ….
a. 65 frame
b. 15 famre
c. 1,4 frame
d. 125 frame
e. 135 frame
a. 65 frame
b. 15 famre
c. 1,4 frame
d. 125 frame
e. 135 frame
18. Bahasa pemrograman yang biasa
digunakan dalam aplikasi pembuatan animasi Flash adalah….
a. PHP
b. Action Script
c. C
d. Pascal
e. basic
a. PHP
b. Action Script
c. C
d. Pascal
e. basic
19. Tempat pengaturan timing atau
waktu animasi dan penggabungan objek-objek dari masing-masing layer adalah
pengertian dari istilah….
a. Pixel d. Timeline
b. Frame e. Sceen
c. Layer
a. Pixel d. Timeline
b. Frame e. Sceen
c. Layer
20. Free Transform tool pada flash
digunakan untuk….
a. Mengubah bentuk obyek
b. Memberi warna
c. Membuat Garis
d. Membuat obyek berbentuk persegi
e. Memasukkan Text
a. Mengubah bentuk obyek
b. Memberi warna
c. Membuat Garis
d. Membuat obyek berbentuk persegi
e. Memasukkan Text
21. Ink Bottle Tool berfungsi untuk
memberikan warna …
a. Fill d. Linier
b. Stroke e. Radial
c. Gradient
22. Yang paling tepat untuk membuat
animasi yang berubah bentuk, menggunakan….
a. Motion tween
b. Motion path
c. Motion guide
d. Motion shape
e. Motion graphic
a. Motion tween
b. Motion path
c. Motion guide
d. Motion shape
e. Motion graphic
23. Langkah untuk menyimpan file
Flash yang telah dibuat pertama kali adalah …
a. Edit -> Save
b. Images – Save
c. File -> Save As
d. File -> Save
e. File -> Import
24. Shortcut F8 pada flash digunakan
untuk.…
a. Play
b. Insert frame
c. Insert key frame
d. Convert to symbol
e. Paste
a. Play
b. Insert frame
c. Insert key frame
d. Convert to symbol
e. Paste
25. Shortcut F5 pada adobe flash
digunakan untuk ..
a. Play
b. Insert Frame
c. Insert Key frame
d. Convert to symbol
e. Paste
26. Shortcut F7 pada adobe flash
digunakan untuk
a. Play
b. Insert Frame
c. Insert Key Frame
d. Insert Blank Key Frame
e. Insert Timeneline
27. Sortcut key F9 pada adobe flash
digunakan untuk
a. Insert Frame
b. Insert Key Frame
c. Insert Blank Key Frame
d. Convert to Symbol
e. Action Script
28. Kita dapat memasukkan sebuah
gambar ke dalam stage dengan menggunakan perintah….
a. File – Import – Import to Stage
b. File – Import – Ctrl + R
c. File – Import – Import Video
d. File – Import – Ctrl + R
e. File – Import – Import to library
a. File – Import – Import to Stage
b. File – Import – Ctrl + R
c. File – Import – Import Video
d. File – Import – Ctrl + R
e. File – Import – Import to library
29. Area tempat kita bekerja dan
membuat objek atau animasi disebut….
a. Options
b. Timeline
c. Panel
d. Stage
e. Property
a. Options
b. Timeline
c. Panel
d. Stage
e. Property
Gambar untuk soal 30 – 32!
30. Yang ditunjukkan oleh nomor 1
adalah …
a. Timeline
b. Tools
c. Frame
d. Stage
e. Properties
31. Yang ditunjukkan oleh nomor 2
adalah ..
a. Timeline
b. Tools
c. Frame
d. Stage
e. Properties
32. Yang ditunjukkan oleh nomor 5
adalah …
a. Timeline
b. Tools
c. Frame
d. Stage
e. Properties
33. Proses menjadikan file mentah
menjadi file matang disebut juga!
a. Render
b. Publish
c. Export
d. External
e. Improve
34. Didalam tombol terdapat beberapa
frame, yaitu!
a. Home, Profil, Edit, Hapus
b. Up, Down, Leave, Stay
c. Up, Down, Stay, Over
d. Over, Down, Hit, Stay
e. Up, Over, Down, Hit
35. Posisi Over adalah posisi dimana tombol dalam kondisi…
a. Mouse keluar dari tombol
b. Mouse mendekati tombol
c. Mouse ditekan
d. Mouse dilepas
e. Mouse ditekan dan dilepas
36. Posisi HIT adalah posisi dimana tombol dalam kondisi ..
a. Mouse keluar dari tombol
b. Mouse mendekati tombol
c. Mouse ditekan
d. Mouse dilepas
e. Mouse ditekan dan dilepas
37. Perintah yang digunakan untuk
memberikan intruksi kepada tombol agar menuju dan berjalan keframe 20 adalah…
a. gotoAndPlay(20);
b. Play(20);
c. Start(20);
d. gotoAndStop(20);
e. fscoman(gotoAndPlay=20);
38. fscomand (“fullscreen”, false)
script disamping berfungsi untuk…
a. diperbolehkan untuk menampilkan
full
b. tidak diperbolehkan untuk
tampilan full
c. tidak diperbolehkan menampilkan
menu
d. diperbolehkan menampilkan menu
e. semua benar
39. script untuk membuat tombol
keluar adalah..
a. fscoman(“quit”, true);
b. fscomand(“quiet”, false);
c. fscomand(“quiet”, true);
d. fscomand(“exit”, true);
e. fscomand(“quit”,true);
40. Format file video animasi dalam software Flash adalah…
a. Avi
b. Mpeg
c. Mp3
d. Swf
e. Fla
I.
Essay
1.
Sebutkan
langkah-langkah membuat tombol!
2. Jelaskan posisi UP, OVER, DOWN
dan HIT dalam Button
3. Sebuah bola bergerak dari posisi
kiri ke kanan sepanjang 30 frame kemudian kembali lagi ke posisi awal.
Jelaskan langkah-langkah
pembuatan animasi bola tersebut beserta gambarnya!
4. Sebutkan dan jelaskan minimal 3
dari 12 prinsip Animasi!
5. Jelaskan yang dimaksud Secondari Action dalam 12
Prinsip Animasi!
Jangan lupa tinggalkan komentar ... EmoticonEmoticon