Cara menemukan Ide Topik Blog

8:29 PM
Pemilihan topik adalah keputusan paling penting dalam hal membangun sebuah website / blog.Sebelumnya, saya pernah mengulas panjang lebar tentang stretegi memilih topik blog, silakan baca panduan langkah per langkahnya di sana.

Pada artikel ini, saya hanya ingin menambahkan (serta menegaskan), bahwa dalam memilih topik blog, saya menyarankan untuk menggunakan pendekatan yang sederhana.
Kenapa saya menyampaikan hal ini? Karena saya melihat, mereka yang ingin membangun website / blog seringkali tergoda dengan “ide-ide besar”, yang belum tentu mampu dilakukan. Mereka membayangkan dapat melahirkan Facebook atau Youtube generasi berikutnya. Prosesnya terlihat begitu sederhana, Anda datang dengan ide brilian, membangun website, dan menjualnya ke Google dengan harga jutaan dolar. Anda pun menjadi kaya raya!
Itu bukanlah sesuatu yang terjadi pada kebanyakan orang.
Ya, ide ini bisa saja berjalan baik pada sebagian kecil orang, namun cerita kebanyakan tidak lah berjalan seperti itu, dan karena itu lah saya menulis artikel ini. Membuat website sekelas Facebook butuh banyak sumber daya yang besar, dan kiranya itu bukanlah untuk kita.
Mohon maafnya, saya tidak sedang mencegah Anda merealisasikan mimpi Anda untuk membuat website interaktif (dan rumit) sekaliber Facebook atau Youtube. Jika memang Anda memiliki kapasitas, go a head, wujudkan mimpi Anda.
Tapi saya ingin Anda memahami apa yang berjalan baik dan apa yang tidak. Anda tidak bisa sekadar membeli program, mengunduh beberapa template, membangun website interaktif seperti Facebook atau Youtube. Lalu semua berjalan mulus seperti yang dibayangkan. Butuh kemampuan programming ekstensif tingkat wahid, serta sumber daya yang besar. Jika Anda tidak mau mempelajarinya sendiri, maka Anda butuh membayar orang lain, yang tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit.
Karenanya, akan lebih baik memulai dengan sesuatu yang kecil dan sederhana, setelah mulai menghasilkan, baru kemudian berpikir mengembangkan ke website yang lebih kompleks.

Ingin menghasilkan uang dari blog?

Tidak masalah. Bagi Anda yang berniat menghasilkan uang online dari blog, tetap saya menyarankan apa yang telah saya lakukan sejak 2010 lalu.
Inilah yang saya maksud dengan pendekatan sederhana di atas, yaitu: saya hanya membuat blog sederhana dengan topik yang saya sukai, mendatangkan trafik, dan menghasilkan uang melalui program afiliasi, juga menjalankan program periklanan seperti Google Adsense. Saya juga menjual jasa sebagai desainer grafis.

Dari situlah saya menghasilkan uang!

Mari saya berikan contoh
Katakanlah Anda suka sekali membuat kue atau memasak. Maka Anda dapat membuat: resep-unggulan.com, dimana Anda menyajikan semua resep favorit Anda. Anda membuat website, menyempatkan waktu belajar SEO agar halaman Anda muncul di SERP Google, Bing dan lainnya.
Demonstrasikan teknik Anda memasak di Youtube, dan bangun pengikut sebanyak-banyaknya di sana. Bahkan Anda pun bisa menghasilkan uang dari Youtube dengan menjadi mitra Youtube. Anda juga membuat halaman di Facebook dan Google Plus, dan berinteraksi dengan pembaca guna membangun brand Anda lebih baik.
Di blog Anda sendiri, Anda dapat menghasilkan uang melalui Google Adsense, merekomendasikan produk-produk yang mungkin menarik bagi pengunjung (pemasaran afiliasi). Sebagai contoh Anda dapat bergabung afiliasi dari Lazada dan merekomendasikan beberapa peralatan memasak dan sebagainya.

Mengapa memilih topik menjadi sangat penting?

Anda mesti memahami, situs yang sukses adalah situs yang memiliki konten unik milik mereka sendiri pada topik tertentu. Kontennya ditulis secara baik, diperbarui secara teratur dan pengelolanya mengerti dasar-dasar dari internet marketing, serta mereka mengetahui siapa audience mereka.
Semua hal tersebut harus Anda lakukan dengan baik, jika Anda ingin sukses. Dan itu tidak lah terjadi dalam semalam. Nah, inilah alasan utama mengapa pemilihan topik yang tepat menjadi sesuatu yang amat penting.
Anda mesti bersabar menunggu trafik datang, oleh karenanya Anda harus memilih topik yang dapat membuat Anda tetap tertarik, bersemangat dan bergairah, atau jika tidak, Anda akan cepat dilanda kebosanan dan menelantarkan blog Anda begitu saja.
Jangan pernah merisaukan apa yang dilakukan orang lain. Hanya karena melihat orang lain berhasil mendapatkan ribuan dolar dengan satu topik, bukan berarti Anda bisa melakukan hal yang sama.
Alasannya adalah, orang tersebut berhasil karena hal-hal yang saya sebutkan di atas. Kegairahan mereka terhadap topik itulah yang memicu kreativitas mereka, yang lalu mengantar mereka kepada kesuksesan. Jika Anda memilih topik yang sama, bisa jadi Anda tidak sama termotivasinya dengan mereka, karena itu bukanlah ‘sesuatu’ yang Anda gemari.
Saya mengerti, sangat mudah kita tergoda meniru ide kesuksesan orang lain, tapi itu benar-benar ide yang buruk bagi orang kebanyakan.
Nah, kini saatnya Anda memilih apa yang paling menarik bagi Anda, lalu kembangkan kreativitas di dalamnya. Itulah langkah pertama meraih sukses membangun website / blog. Saya harap Anda mengingat pesan ini sebaik-baiknya.
Seperti biasanya, jika ada hal-hal yang Anda sampaikan, silakan layangkan melalui komentar. Dan jika merasa artikel ini bermanfaat, bagikan melalui Facebook atau Google+.
Terima kasih atas waktunya, sukses selalu!


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Jangan lupa tinggalkan komentar ... EmoticonEmoticon