Membuat Tombol Dengan Menggunakan Adobe Flash CS3

11:20 AM
Pada kesempatan kali ini, saya akan memeberikan artikel / tutorial tentang bagaimana membuat tombol/button didalam flash. Tombol adalah suatu symbol yang terdapat dalam flash yang berfungsi untuk memanggil file / frame. Misal kita memiliki halaman home dan profil, ketika kita ingin menuju kehalaman profil maka kita harus memerlukan tombol untuk menuju kesana. Tidak usah panjang kali lebar :) mari kita mulai tutorialnya.

Pada artikel sebelumnya saya telah membuat artikel tentang bagaimana membuat animasi didalam movieclip, dalam proses pembuatan tombol kali ini, sebenarnya hampir sama dengan waktu kita membuat movieclip.

Mari kita mulai dan ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Pertama-tama kita buka Software Adobe Flash CS3 terlebih dahulu dengan cara Klik tambol Start -> Pilih Adobe CS3 -> Pilih Adobe Flash CS3
Tampilan workspace Adobe Flash CS3

2. Kita buat objek untuk dijadikan tombol (misalkan persegi panjang) dengan menggunakan rectangle tool dan kita kasih text "Coba" dengan menggunakan Text tool. tampak seperti gambar dibah ini :
Membuat persegi panjang dan teks untuk dijadikan tombol

3. Kita pilih objeknya, kemudiak kita tekan tombol F8 pada keybord, kemudian pada box name kita kasih nama "btn_coba" pada type kita pilih "Button" kemudian tekan OK. Tampak gambar seperti berikut ini :
Pemberian nama dan type pada tombol

4. Udah jadi deh tombolnya, Tombol sudah jadi ditandai dengan jika didekati maka akan ada gambar tangan dengan  jari telunjuk (sebelumnya tekan Ctrl+Enter dulu ya!), eiitttt jangan senang dulu, kita modifikasi tombolnya dengan cara klik dua kali pada tombol, makan akan masuk ketimeline tombol.
Tampilan frame pada timeline tombol yang terdiri dari UP,OVER,DOWN,dan HIT
Time line tombol hanya memiliki 4 frame saja yaitu UP, Over, Down dan Hit.
5. Kemudian kita tekan F6 pada posisi Over, kemudian kita rubah warna background dan warna teksnya. Lihat gambar dibawah ini :
Menambah key frema pada tombol

Merubah warna background dan teks pada posisi over

7. Setelah selesai kembali ke Sceen1 dan test movie dengan cara tekan Ctrl+Enter maka tampil gambar seperti dibawah ini :

Posisi Awal tombol / UP
Posisi ketika tombol didekati Mouse / Over


Bagaimana? mudahkan cara membuat tombol didalam flash!
Giatkan belajarnya kalian ya! dan jangan lupa selalu membaca-baca artikel diblog ini :) Salam...

Lihat Video tutorial Membuat Tombol Dengan Menggunakan Adobe Flash CS3 dibawah ini:



Baca juga artikel :
Syntax penulisan CSS
Membuat effect Api pada Corell Draw x3


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Jangan lupa tinggalkan komentar ... EmoticonEmoticon